Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jun 08

Air terjun Tegenungan di Gianyar

Air terjun Tegenungan terletak di Br. Tegenungan, Desa Kemenuh, Sukawati, Kab. Gianyar, Bali. Terkenal karena airnya yang jernih yang berasal dari tukad Petanu, satu-satunya air terjun yang terletak di dataran rendah, tidak seperti yang lainnya terletak di pegunungan, namun demikian untuk melihat ke asriannya pengunjung harus menapaki berpuluh-puluh anak tangga. Namun tidak seperti air terjun lainnya yang harus melewati pegunungan, kebun penduduk dan melewati jalan setapak. Objek wisata di Bali lebih mudah diakses, sampai pada pelataran parkir dan berjalan puluan meter, anda sudah bisa menyaksikan keindahan waterfall ini, terdapat sebuah warung yang dan gazebo yang menghadap ke arah terjun ini, sehingga bisa cukup menyaksikan keindahannya dari sini.

Kalau ingin lebih maksimal, merasakan segarnya air terjun Tegenungan di Gianyar ini, anda harus menapaki tangga menurun, jarak dari parkir ke lokasi air terjun sekitar 150 meter, tidak begitu jauh. sayang jika anda hanya menikmati keindahannya dari kejauhan. Lengkapi wisata Bali anda dengan berkunjung ke spot istimewa ini, lokasinya mudah dijangkau. Anda bahkan bisa mandi menyatu dengan alam, debit airnya cukup besar, dan jika anak-anak perlu pengawasan dari orang tua. Ingin bersantai berlama-lama di sini disediakan juga gazebo dan tempat beristirahat menghadap ke arah air terjun dan alam lembah sekitarnya.

Air terjun Tegenungan Gianyar

Jika dari Denpasar, lewat pasar Sukawati bagi pecinta oleh-oleh khas Bali anda bisa mampir dulu di sini dan yang suka sensasi tawar-menawar bisa mencoba kelihaian belanja oleh-oleh , kemudian lanjutkan perjalanan sampai ketemu patung bayi pertigaan desa Sakah, menuju jalan wisma Gajah Mada, ketemu perempatan kemudian belok kanan, nah di sanalah lokasinya, akses tersebut lebih mudah, tapi yang lebih dekat sekitar 500 meter setelah setelah pasar seni Sukawati (sebelum patung Sakah) belok kanan. Agar tidak bingung dengan peta jalan anda bisa sewa mobil dengan sopir wisata dari kami.

Alam yang cukup asri di seputaran objek wisata air terjun Tegenungan, memang memiliki potensi bagus untuk dikembangkan, namun sarana-sarana seperti hotel, restaurant bahkan tempat rekreasi bungy jumping yang sempat dibangun kini kelihatan terbengkalai dan terkesan setengah-setengah dan sekarang bekas usaha bungy jumping yang towernya masih kelihatan berdiri dan banyak dikeluhkan oleh wisatawan karena mengurangi keasriannya kini sudah tidak ada lagi, kembali alami menunjukkan nuansa alam asri sesungguhnya. Sarana jalan setapak untuk bisa mengkases langsung ke bawah air terjun inipun dikerjakan, sehingga jika anda berkunjung ke tempat ini anda bisa langsung berada di bawah air terjun.

Objek wisata Air terjun Tegenungan

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, bahkan juga warga lokal, karena letak air terjun Tegenungan atau sering disebut air terjun Kemenuh ini berada di lokasi yang sangat strategis dan merupakan air terjun yang paling dekat dengan kawasan pariwisata Nusa Dua, Kuta, Sanur dan Ubud, sehingga saat perjalanan tour ataupun sewa mobil dengan tujuan Kintamani maupun Ubud bisa menjadikan tempat ini alternatif untuk berkunjung. Hanya dikenakan tiket masuk hanya Rp 10.000/orang untuk WNI dan Rp 20.000 untuk WNA.

Tempat wisata air terjun Tegenungan menghadap ke Barat, sehingga bagi yang mencintai photo-photo alam yang indah, sebaiknya berkunjung saat siang ataupun sore, sehingga hasil pengambilan gambar lebih bagus, juga akan lebih sejuk karena pengunjung akan berada di balik tebing, dan bisa lebih leluasa menikmati keindahannya, apalagi ditambah alam asri sekitarnya seperti lembah-lembah ataupun tebing pada sepanjang aliran sungai Petanu ini terlihat hijau dan asri dipenuhi oleh tanaman tropis. Mudah-mudahan ke depan semua fasilitas-fasiltas wisata mulai di optimalkan, sehingga lebih banyak mendatangkan pengunjung.

Baca juga artikel tempat menarik di Bali lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>