Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Mar 02

Desa Kamasan dan Seni Lukis Wayang

Kamasan adalah sebuah desa kecil yang terletak di Kabupaten Klungkung – Bali, sekitar 2 km selatan kota Semarapura. Kamasan merupakan tempat berkembangnya lukisan tradisional Wayang klasik dengan tokoh-tokoh pewayangan yang kental. Karya-karya yang dihasilkan oleh seniman yang memiliki gaya khas sehingga terkenal dengan lukisan tradisional Kamasan. Tidak hanya itu kreatifitas para seniman, menghasilkan karya seni ukir perak, emas dan juga seni ukir peluru dengan tetap dengan tema pewayangan dan juga industri uang kepeng yang sering digunakan untuk perlengkapan upacara agama di tanah dewata. Bagi pecinta seni berkunjung ke sini sepertinya wajib, apalagi saat perjalanan tour dari Denpasar dari by pass Ida Bagus Mantra belok kiri menuju kota dengan tujuan objek wisata Goa lawah, Kertagosa, Bukit Jambul ataupun Besakih bisa berkunjung juga ke sini.

Seni lukis Wayang di KamasanTradisi melukis wayang wong-wongan mengambil mengandung makna filosofis agama Hindu yang diambil dari cerita Sutasoma, Mahabharata, Ramayana dan pawukon dengan perpaduan alam sekitar yang berhubungan erat dengan ajaran Agama Hindu. Peninggalan atau warisan budaya ini masih dilestarikan dan berkembang dengan bagus, bukti hasil karya seni ini terlihat di gedung Kerthagosa, di langit-langit terlihat dipenuhi dengan gambar tradisional wayang, bangunan kuno ini menjadi warisan budaya sejarah yang sering dikunjungi oleh para pelancong.

Pis bolong - uang kepengSeni lukis Wayang Kamasan memang terkenal, bahkan masetro seni lukis Spies dan Bonnet pernah ke Kamasan dengan tujuan berhubungan dengan seni lukis klasik. Berkembang sangat bagus saat pemerintahan dinasti Kepakisan saat pemerintahan Dalem Waturenggong yang menjalankan roda pemerintahan dari gelgel yang letaknya bersebelahan dengan Kamasa. Raja sangat mengharagai dan penggemar seni dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>