Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Apr 11

Gunung Agung

Gunung Agung terletak di kec. Rendang, Kab. Karangasem, dengan ketinggian 3.142 dari permukaan laut, gunung ini merupakan yang tertinggi dari puluhan gunung di Bali lainnya. Dijadikan tempat pendakian oleh sebagian orang, kawah yang ada di puncak gunung berdiameter 500 meter dan sangat dalam, kepulan asap terlihat jelas di kawah gunung, sensasi pemandangan matahari terbit, dari kejauhan di sebelah Timur terlihat juga Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok, dan kota disekitarnya, merupakan  pemandangan yang sempurna dan tiada duanya, sehingga gunung Agung memang cocok dijadikan objek wisata pilihan untuk trekking ke puncak gunung. Lakukan pendakian saat musim-musim kering/ panas dengan cuaca yang cerah, karena saat musim hujan akan tidak memungkinkan.

Gunung Agung dari kejauhanGunung Agung terlihat berbentuk kerucut runcing, Gunung ini tergolong gunung berapi yang masih aktif, tercatat letusan gunung pertama kali pada tahun 1808, kemudian berturut-turut di tahun 1821 dan 1843, setelah ini gunung Agung tidak menunjukkan aktifitasnya, setelah tidur panjangnya selama 120 tahun ini, kemuduan meletus dengan dahsyat di tahun 1963, aktifitas letusan hampir berlangsung 1 tahun dari 18 Pebruari 1963 sampai tanggal 27 Januari 1964, letusan ini banyak memakan korban jiwa tercatat 1.148 orang meninggal dunia dan luka 296 orang belum lagi korban harta dan material. Dahsyatnya ledakan yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Agung saat itu sama dengankesetaraan bom atom 2605,9 (Ae).

Tuhan memang punya rencana, dimana kita tidak pernah mengetahuinya. Material-meterial yang disemburkan dari dalam perut bumi ini, sampai sekarang seperti pasir, batu sebagai mata pencaharian yang digunakan sebagai bahan material bangunan terutama yang berada di wilayah Kubu dan Rendang, Kabupaten Karangasem. Gunung Agung sering menjadi tujuan wisatawan yang suka tantangan untuk melakukan trekking atau pendakian. Ada beberapa jalur pendakian, jalur selatan dari Pura pasar Agung desa Selat, perjalanan dari sini sekitar 4 jam ke puncak dengan ketinggian 2.850 mdpl dan untuk mencapai puncak maksimal di 3.142 mdpl lewat jalur Barat yaitu dari Pura Besakih, Rendang dengan jarak tempuh 6 jam ke puncak.

Puncak gunung Agung

Gunung Agung merupakan tempat yang disakralkan oleh umat Hindu di bumi dewata ini, banyak upacara-upacara dengan tingkatan besar, melalkukan persembahyangan ke puncak Gunung Agung. Jika anda berkeinginan melakukan pendakian ke Gunung Agung, ada beberapa pantangan yang perlu di hindari, seperti jangan melakukan pendakian saat ada upacara keagamaan di Pura Besakih, karena pura terbesar di Bali ini terletak di lereng Gunung Agung, jangan melakukan pendakian saat datang bulan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>