Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Nov 12

Hari Suci Agama Hindu

Setiap agama pasti mempunyai hari suci, seperti juga Agama Hindu di Bali. Hari suci ini biasanya dianggap keramat, mulia dan suci untuk melakukan persembahyangan. Setiap waktu pelaksanaan upacara yadnya di hari suci ini, adalah wujud terima kasih atas segala karunia yang dilimpahkan-Nya, dan memohon keselamatan dan kesejahteraan alam semesta dengan segala isinya. Hari yang diistimewakan ini tentu dengan keyakinan mempunyai makna dan funsi penting bagi kehidupan, yang berdasarkan kitab suci ataupun pengalaman, menjunjung tinggi nilai-nilai luhurnya, sehingga memberikan pengaruh positif bagi kehidupan.

Odalan Pura Besakih

Hari suci / hari besar agama hindu merupakan hari baik melakukan upacara yadnya. Secara gasir besarnya waktu pelaksanaan hari suci agama hindu berdasarkan atas perhitungan sasih (pranata masa) seperti hari raya Siwaratri yang jatuh pada purwaning tilem kepitu, Hari raya Nyepi datang setiap penanggal 1 sasih kedasa dan berdasarkan pawukon (wuku) yang datangnya setiap 210 hari seperti hari raya Pagerwesi, Galungan, Kuningan dan saraswati, Bude Kliwon, Tumpek, Buda wage dan anggar Kasih. Beberapa hari suci sebelum pelaksanaan upacara yadnya ada beberapa rangkaian upacara lagi, seperti sugihan Jawa dan Bali, penyekeban, penyajaan, penampahan Galungan dan kuningan dan Pemacekan Agung.

Upacara yadnya di Bali

Berdasarkan keyakinan Umat Hindu, hari-hari suci tersebut di atas dan upacara yadnya yang dilakukan dengan tulus ikhlas akan mempunyai peranan penting dan akan menimbulkan hal-hal yang baik dan positif bagi kehidupan manusia dan alam semesta, maka dari itu hampir setiap hari upacara yadnya di pulau seribu pura ini tidak pernah berhenti. Menjadi salah satu destinasi wisata dari beribu pulau di tanah air ini tentu juga akan memberikan aura yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>