Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jun 19

Museum Puri Lukisan di Ubud

Penikmat karya seni lukis di Bali, atau wisatawan yang kebetulan berlibur di Pulau Dewata dan ingin menyaksikan berbagai koleksi lukisan maupun patung dapat berkunjung ke Museum Puri Lukisan, terletak di jln. raya Ubud, Gianyar. Museum ini merupakan museum seni rupa pertama di Bali dan didirikan pada tahun 1936 oleh kolektor lukisan yang juga seorang pelukis asing dari Belanda yang bernama Rudolf Bonnet bersama dengan Cok. Gde Agung Sukawati juga bersama-sama pelukis terkenal Bali lainnya yang bernanung dan dengan nama Yayasan pita Maha. Yayasan ini memiliki tujuan mulia untuk menjaga hasil karya tradisional yang sudah banyak diboyong ke luar negeri, sehingga generasi seniman Bali nantinya tidak kehilangan identitas diri, memberikan wadah bagi bagi para seniman lokal untuk berkreasi memperkenalkan dan mengharumkan Bali. Disamping badan pendiri tadi, lahir juga yayasan Ratna Wartha ditahun 1952, yang membantu berbagai kegiatan museum. Dalam perkembangannya pada akhirnya pada tgl 31 Januari 1956 dibuka secara umum, yang diresmikan oleh menteri Kebudayaan dan Pendidikan kala itu Bpk. Muh. Yamin.

Lukisan tradisionalMuseum ini memiliki nilai dan sejarah yang penting bagi perjalanan seni di Bali. Di dalam museum terdapat berbagai koleksi lukisan dan patung. Hasil karya seni disini lebih banyak menggambarkan cerita pewayangan dan kehidupan masyarakat Bali. Bangunan museum terdiri dari 4 buah bangunan terpisah berbentuk letter U, bangunan pertama dinamakan Pitamaha Gallery tempat hasil karya I Gusti Nyoman Lempad, yang kedua bangunan Ida Bagus Made Gallery tempat menggelar hasil koleksi Ida Bagus Made dengan karya lukisan oleh artis-artis muda dengan paduan gaya tradisional dan modern, bangunan ketiga Wayang Galerry tempat untuk mengkoleksi dan memajang lukisan wayang dan pameran, dan banguan keempat digunakan untuk marketing Puri Lukisan.

Puri lukisanUntuk bisa menikmati dan merasakan sebgai seorang seniman, musem juga membuka pelatihan singkat bagi para pengunjung, bisa mempelajari berbagai bentuk kesenian masyarakat Bali, seperti melukis, mempelajari tari Bali, main gamelan, merangkai buah, membuat wayang, memasak khas tradisional Bali dan berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan untuk melestarikan hasil karya dan budaya seni Bali. Jika anda berkunjung ke sini, tempatnya sangat nyaman dengan taman tropis dan kolam terlihat indah dan asri, saran parkir memadai, toilet, toko cinderamata, toko warung dan minuman.

Baca juga artikel tentang museum di Bali lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>