Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Nov 17

Nama-nama Orang Bali

Bali merupakan pulau wisata yang memiliki banyak budaya unik, seperti pemberian nama-nama orang bagi penduduk penghuni pulau ini. Ciri-ciri nama depan tersebut ada sebutan Wayan/ Putu, Made/ Kadek, Nyoman/ Komang, Ketut. Dalam sebuah keluarga nama ini bukan asal beri saja, tetapi berdasarkan urutan anak (dari nama Wayan/ Gede/ Luh) khusus Gede untuk nama laki-laki dan Luh untuk perempuan, sampai urutan anak ke empat (Ketut), kalau anaknya lebih dari empat anak berikutnya ini atau anak ke lima, balik lagi ke uurutan pertama diberi nama wayan (istilahnya wayan balik). Mungkin ini cara tradisonal untuk program KB jaman dulu sampai 4 anak cukup.

Gadis Bali

Nama-nama tersebut ditambah awalan “I” atau “NI” dan selalu tercantum dalam pembuatan surat-surat penting seperti pribadi seperti akte kelahiran, KTP, Ijazah, SIM, surat-menyurat, dan dokumen penting lainnya, penyebutan nama awalan ini jarang, bahkan hampir tidak pernah disebutkan dalam bahasa pergaulan sehari-hari, cuma dalam forum-forum formal saja. Adapun arti dari awalan nama tersebut huruf I menandakan dia adalah seorang laki-laki seperti I Ketut Wahyu Jaya Wisesa dan Ni mencirikan adalah seorang anak perempuan seperti nama Ni Kadek Paranitha Della Cahyani.

Dalam tatanan kehidupan Hindu Bali, mengenal istilah Catur Warna/ Kasta seperti Brahmana, Ksatria, Weisya dan Sudra. Dimana nama-nama tersebut di atas dari golongan warna Sudra, yang memang mayoritas masyarakat Bali dari golongan sudra yaitu sekitar 90%. Pemberian nama di luar sudra merupakan gelar nama secara turun-temurun diwariskan yang terus melekat berdasarkan profesinya. Nama-nama tersebut di atas di tambah lagi dengan sebutan nama Ida Bagus, Anak Agung, Cokorde, Gusti, Dewa dan beberapa sebutan lainnya. Dengan perbedaan nama menurut warna/ kasta sepertinya terjadi penggolongan nama berdasakan keturunan ataupun profesi, walaupun berkembangnya peradaban, masyarakat tidak begitu mempermasalahkan ini, karena memang tidak terjadi kesenjangan/ perbedaan yang mencolok, sehingga keharmonisan antara sesama tetap terjaga dan kata ajeg bisa terjaga. Penamaan berdasarkan Kasta ini merupakan gelar warisan turun temurun yang melekat pada keturunan orang Bali yang dulunya memiliki kelas tersendiri berdasarka profesinya.



7 comments

Skip to comment form

  1. yasinta linda

    mencari nama anak perempuan lahir pada tgl 26 february 2013………

  2. I NYOMAN SUWENA

    Om Swastyastuu,,,,mohon bantuan untuk mncrikn nama anak saya yg prtma yg lahir pada blan Juni ini,,,trimkasihh…!!!

  3. Bali Tours Club

    Om Swastyastu…maaf kami bukan ahli buat Nama, artikel di atas ini hanya merupakan sedikit info saja tentang nama-nama orang Bali.

  4. Elis S

    keren, sampai sampai hal sekecil itu di pikirkan secara detail :)

  5. Bali Tours Club

    Hanya sedikit informasi bagi orang yang berasal dari luar Bali, siapa tahu mereka butuh info

  6. komang mertayasa

    bisa tolong dibantu carikan sejarah kenapa dikasi nama putu, iluh, made, komang dll sampai ketut.
    terima kasih sebelumnya……

  7. Bali Tours Club

    Pemberianan nama Wayan asalnya dari kata “wayahan” berarti yang paling tua/ matang. Made berarti “Madia” artinya tengah. Anak berikutnya Nyoman dari etimologinya berasal dari kata “uman” yang bermakna “sisa” atau “akhir”. program KB tradisional jaman dahulu idealnya dalam satu keluarga memiliki tiga anak saja. Pada zaman dahulu, obat herbal tradisional mungkin kurang efektif untuk mencegah kehamilan, jika melakukan aborsi diartikan sebuah pelanggaran ajaran agama dan kejahatan, sehingga jika sudah memiliki 3 orang anak, kemudian “kebobolan” punya anaka lagi, maka yang keempat ini gelar kehormatannya Ketut, diambil dari kata kuno “Kitut”kalau dalam bagian sesisir pisang terletak paling akhir. Kurang lebihnya seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>