Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

↑ Return to Objek Wisata di Bali

Goa Gajah

Objek wisata di Bali ini, terletak di Jalur wisata Batubulan Kintamani. Pura Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Dari kota Denpasar sekitar 26 km, lokasi sangat mudah ditemukan, karena letaknya di jalur wisata. Selain sebagai objek wisata sejarah, pemandangan di sini sangat indah karena dikelilingi oleh hamparan persawahaan dan ngarai sungai Petanu.

Objek wisata Goa Gajah di Desa BeduluDi jamannya Goa Gajah merupakan tempat pertapaan dan kegiatan agama Budha dan agama Siwa. Goa Gajah dibangun pada tepi jurang dari pertemuan sungai kecil yang airnya kemudian mengalir ke sungai Petanu. Karena pertemuan aliran dua buah sungai yang disebut “campuhan” dipandang memiliki nilai magis, maka tempat pertapaan tersebut dibangun. Relief yang terpahat di dinding muka Goa Gajah adalah pahatan yang menyerupai alam pegunungan dengan berbagai pepohonan dan binatang yang menandakan pertapaan itu berada di pegunungan dengan hutan yang lebat dengan berbagai binatang, hal yang sama seperti pada pertapaan Kunjarakunja di India selatan. Di sekitar goa juga terdapat kolam pertitaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci. Konon ketujuh pancuran ini sebagai perlambang tujuh sungai penting yang sangat dihormati di India.

Objek wisata Goa GajahObjek wisata Goa gajah merupakan peninggalan Bali Kuna, kekunoan disini bisa dilihat dari Peninggalan Purbakala. Di pelataran Pura Goa Gajah terdapat Petirtaan Kuna 12 x 23 M2, terbagi atas tiga bilik. Dibilik utara terdapat tiga buah Arca Pancuran dan di bilik Selatan ada Arca Pancuran pula, sedangkan di bilik tengah hanya terdapat apik arca.

Jika berencana untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa ikut Kintamani tour, atau sewa mobil dari kami Bali Tours Club, bisa self drive atau dengan supir kami yang sudah berpengalaman di industri pariwisata.

Baca juga objek wisata di Bali lainnya.

 

Lihat Peta Lebih Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>