Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

↑ Return to Objek Wisata di Bali

Tanah Lot

Objek wisata yang paling banyak sekarang di kunjungi adalah Tanah Lot, lokasi yang strategis dekat dengan kawasan hotel di Bali seperti Kuta, Sanur maupun Nusa Dua. Objek wisata di Bali ini terletak di desa Braban, Tabanan – Bali. Tempat wisata Tanah Lot ini akan ramai di kunjungi wisatwan pada sore hari karena untuk melihat keindahan matahari tenggelam ataupun sunset.

Objek wisata Tanah Lot di BaliTerdapat banyak art shop berjejer sepanjang jalan menuju ke objek wisata Tanah Lot ini, wisatawan bisa belanja oleh-oleh khas Tanah Lot Bali. Terdapat 2 buah Pura di kawasan wisata ini, salah satumya terletak di atas bongkahan batu karang yang besar dan yang satunya terletak di atas tebing batu yang menjorok ke pantai. Disekitar pura Tanah Lot, ada sebuah goa kecil yg merupakan tempat bersarangnya ular laut, ular ini sangat jinak, ular ini adalah ular suci, masyarakat sekitar meyakini bahwa ular ini adalah penjaga dari pura Tanah Lot.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang sakti mengembara dari Jawa. Beliau adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk  di Pulau Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben yang sekarang lebih dikenal dengan Desa Beraban, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Objek wisata Tanah LotBeliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben akhirnya menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Baca juga objek wisata di Bali lainnya.

 

Lihat Peta Lebih Besar



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>