Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Mar 13

Pasar Majelangu di Kuta

Pada saat hari Ngembak Gni, sehari setelah perayaan Nyepi, masyarakat Bali mulai beraktifitas seperti biasa, tapi pada umunya mengisi hari ini untuk liburan bersama keluarga. Di pantai Kuta yang sehari-harinya dipadati pengunjung, apalagi saat Ngembak Gni dan ditambah lagi hadirnya pasar Majelangu atau pasar rakyat. Pasar yang diprakarsai oleh Desa Adat Kuta memang agenda rutin setiap tahunnya setelah perayaan tahun baru Caka (setelah Nyepi), pasar tradisional ini atau bisa juga dibilang pasar kaget ini, tentu merupakan yang paling unik daripada pasar lainnya, sambil berbelanja bisa menikmati kawasan objek wisata Pantai Kuta, apalagi sambil menyaksikan sunset saat senja tiba. Pasar Majelangu ini dibuka hanya sehari dari pukul 06.00-21.00.

Pasar Majelangu di KutaSementara pasar dibuka, toko-toko souvenier sepanjang Kuta masih ditutup, karena sementara kegiatan wisata belanja dikonsentrasikan di Pantai Kuta, pedagang bukan hanya berasal dari Kuta tapi dari luar luar seperti, Denpasar, Tabanan dan Ubud. para pedagang menggunakan berbagai lapak, stan dan juga lesehan. Berbagai barang kerajinan dipajang, ada juga lukisan, kaca mata, pakaian bahkan mainan anak-anak, juga tersedia makanan dan minuman. Belanja untuk keperluan oleh-oleh sangat pas disini, selain lengkap tetapi juga murah.

Tidak hanya dipenuhi oleh wisatawan domestik maupun penduduk lokal, para bule juga ikut tawar menawar. Pasar Majelangu ini sangat diminati oleh wisatawan, selain menjadi daya tarik wisatawan juga bisa mendorong perekonomian warga. Untuk keamanan kawasan pasar, panitia melibatkan aparat kepolisian, pecalang dan balawista. Kegiatan dan tradisi turun-temurun ini dilaksanakan sampai sekarang untuk merayakan kebahagiaan setelah melakukan catur brata penyepian.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>