Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 16

Pengembangan Desa wisata di Bali

Banyak dan beragam spot wisata yang bisa anda nikmati selama Liburan di Bali. Beberapa desa di bali akan menjadi desa wisata yang akan dikembangkan dan dikemas oleh pemerintah daerah, di mana wisatawan dapat menginap di rumah-rumah penduduk, dan warga akan dilatih untuk bisa melayani tamu-tamu layaknya pelayanan standard yang ada di hotel. Ini cukup unik dan menarik sehingga wisatawan yang ingin tahu tentang alam budaya Bali sesungguhnya bisa berinteraksi langsung.

Wisatawan terutama turis dari mancanegara akan bisa menginap di desa yang mana sangat jarang mereka temukan di negara mereka, berbelanja, belajar menari, melukis, membajak sawah langsung dari warga desa…wah keren nih, bule bisa membajak. Begitu juga dengan pengembangan desa wisata ini pelancong lebih mengenal kehidupan sosial masyarakat Bali, termasuk senyum khas serta keramah tamahan mereka.

Desa Wisata Penglipuran di Bali

Oleh pemerintah daerah pengembangan nanti di tujuh desa yang memiliki alam dan budaya indah dan menarik yang menyandang dan siap dijadikan desa wisata, desa-desa tersebut seperti Desa Budakeling dan Desa Jasri di Kabupaten karangasem, Desa Bedahulu di Gianyar, Desa Penglipuran di Bangli, Desa Pinge di Tabanan, Desa Pancasari di Buleleng dan Desa Blimbingsari di Kabupaten Jembrana.

Pengembangan desa wisata, tidak akan mengubah wajah desa tersebut, melainkan untuk mengubah tata ruang desa agar menjadi lebih baik. Akomodasi yang disediakan di rumah-rumah akan menjadi pilihan alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Sekarang yang sedang populer adalah Desa Penglipuran banyak wisatawan domestik yang berkunjung ke sini, dengan biaya tiket masuk rata Rp 7.500 dan untuk WNA Rp 10.000, akomodasi dengan type villa disediakan dengan tarif sekitar Rp 500.000/malam.

Desa wisata Budakeling di karangasem Bali

Sementara ini perkembangan pariwisata sekarang ini, tidak menyentuh semua lapisan masyarakat, tujuan baik pemerintah tentunya untuk mendorong keseimbangan perekonomian Bali yang bertumpu di Industri pariwisata, sehingga dengan pengembangan ini mampu menciptakan lapangan kerja.

Pengalam wisata Bali dengan menginap pada kawasan pedesaan namun mengerti dengan etika dalam kepariwisataan, tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tidak kalah menariknya. Bosan dengan suasana hiruk pikuk kota, serta berbagai rutinitas, solusi berlibur ke sebuah desa yang tenang dan masih asri adalah pilihan ideal.

 

1 comment

  1. kurniati

    Mohon info untuk paket live-in di desa wisata selama 1 minggu untuk anak SMP kelas 2. Rencana di bulan Maret 2013 dengan rincian datang kamis sore di bandara Bali dan pulang Rabu malam 4 hari di desa hari ke 5 rafting, H6 belanja dan jalan-jalan H7 bounty cruise. Terimakasih, penawaran harganya ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>