Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jan 31

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali atau PKB merupakan agenda rutin pemerintah setiap tahunnya bertepatan saat liburan sekolah antara Juni dan Juli. Penggagas dari acara ini adalah mantan Gubernur Bali Almarhum Bapak Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, yang memerintah diperiode tahun 1978-1988. Digelar pertama kali pada tahun 1979, berlangsung sekitar 2 bulan, dari tanggal 20 Juni 1979 sampai 23 Agustus 1979, kemudian acara rutin ini selalu disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat, apalagi anak-anak untuk mengisi waktu liburan sekolah, tidak jarang juga dimanfaatkan oleh wisatawan asing maupun domestik yang sedang wisata di pulau Dewata untuk menikmati pameran dan pergelaran seni yang ditampilkan di kawasan Taman Budaya Ardha Candra. Lokasi Taman Budaya (Art Center) sangat strategis di jantung Kota Denpasar tepatnya di jalan Nusa Indah, Banjar Kedaton desa Kesiman, Denpasar.

Lambang Pesta Kesenian Bali - PKB

Pesta Kesenian Bali (PKB) dijadikan sebagai wadah kreativitas dan aktifitas para seniman, budayawan, akademsi, masyarakat dan pemerintah dalam menjaga, pengembangan nilai seni budaya, melestarikan warisan budaya yang bernilai luhur dan adaftasi budaya agar tatanan kehidupan tetap ajeg dalam konteks perubahan jaman, waktu dan lingkungan yang selalu berubah. Pesta Kesenian ini sebagai pengokoh jati diri dan pembentukan karakter bangsa. PKB ini memiliki peranan yang strategis dan diselenggarakan sebagai upaya persembahan karya cipta seni terbaik masyarakat. Sementara kini masyarakat berkeinginan memilih antara kesenian dan kerajinan, pesanan dan kreativitas murni masyarakat sebagai ciri kearifan lokal, mereka kerjakan dengan semangat persembahan yang terbaik dan “spirit” dalam segala aktivitas masyarakat Bali. Kegiatan ini merupakan kegiatan seni yang berskala besar yang tidak hanya melibatkan komponen lokal tapi juga Nasional dan Internasional.

Pawai Pembukaan PKB

Dengan diadakannya PKB setiap tahunnya, membuat masyarakat untuk selalu beraktivitas dan berkreativitas menghasilkan sesuatu yang inovatif untuk memenuhi kehidupan dan dalam hal ini berkesenian sehingga menghasilkan karya cipta dan seni tidak akan pernah berhenti, dan dengan seni dan budaya yang adiluhung bisa mengimbangi pengaruh buadaya asing. Pergelaran Pesta Kesenian Bali sendiri setiap tahunnya memiliki tema dan sub Tema yang berbeda-beda, seperti tema PKB tahun 2011-2015 bertemakan Segara Giri Menapak Jejak Kehidupan dengan sub tema: tahun 2011 – Desa Kala Patra (Adaptisi Diri Dalam Multikultur), tahun 2012 – Paras-Paros (Dinamika Dalam Kebersamaan), tahun 2013 – Taksu (Membangkitkan Kreativitas dan jati diri), tahun 2014 – Krtamase (Keajegan Rasa Menuju Ketertiban Semesta), tahun 2015 – Jagadita (Mengokohkan Kesejahteraan Masyarakat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>