Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 01

Pesta Kesenian Bali – PKB tahun 2013

Pesta Kesenian Bali (PKB) pada tahun 2013 ini adalah yang ke-35, merupakan ajang tahunan yang awalnya digagas di tahun 1979 oleh mantan gubernur Bali Ida Bagus Mantra dengan tujuan diadakan PKB ini adalah untuk melestarikan, menggali dan menampung hasil karya seni. Pelestarian warisan budaya yang adi luhung di tengah-tengah transisi jaman yang selalu berubah bisa tetap beradaftasi, berinovasi dan berkreasi sehingga Bali ini tetap ajeg. Pembukaan PKB tahun 2013 ini, dibuka langsung oleh presiden RI  Bapak Susilo Bambang Yudoyono ditemani gubernur Bali Made mangku Pastika di depan Monumen perjuangan rakyat Bali yaitu Bajra Sandhi pada tanggal 15 Juni 2013 dan akan berakhir di tanggal 13 Juli 2013 digelar di Taman Budaya  (Art Centre) di Jalan Nusa Indah, Kota Denpasar.  Moment yang diambil dalam pembukaan Pesta Kesenian Bali ini setiap tahunnya terasa pas karena bertepatan saat liburan anak sekolah.

Panggung pementasanDepan Stage Ardha Candra

Selama PKB berlangsung akan dimeriahkan oleh berbagai pergelaran seni dari 8 wilayah Kabupaten dan Kota Denpasar, dan juga partisipasi dari daerah-daerah di luar Bali bahkan juga beberapa dari negara asing. Di taman Budaya Art Centre terdapat panggung utama dan beberapa panggung tambahan seperti di Wantilan, Ksirarnawa, Ardha Candra, Ayodya, Ratna Kanda dan Angsoka, stage yang tersedia tersebut untuk pementasan berbagai macam kreasi seni, dan mulai dipentaskan jam 08.00 malam hari. Ada juga yang dipentaskan jam 11.00 pagi, sehingga bagi wisatawan yang sedang melakukan perjalanan Denpasar city tour, mengunjungi objek wisata seperti Art Centre ini merupakan moment yang tepat.

Pementasan wayang kulitTema PKB 2013 "Taksu"

Tema yang di usung dalam Pesta Kesenian Bali yang ke-35 ini adalah bertemakan “TAKSU” dengan harapan bisa membangkitkan Kreatifitas dan jati diri, memberikan motivasi dan semangat para seniman untuk terus berkreasi. Selain sebagai ajang pementasan seni panggung, berbagai pameran seni bisa ditemukan disini, seperti  hasil kerajinan tangan seperti seni lukis, seni ukir, tenun bali seperti batik dan songket, hasil kerajinan emas dan perak, jika pengunjung merasa haus ataupun lapar tersedia berbagai stand makanan dan minuman dengan harga murah dan terjankau. Dibagian yang hanya dibatasi tembok dan merupakan tempat keluar masuk para pengunjung dari areal parkir sepeda motor, berbagai jenis pakaian dan makanan dijual disini dengan harga merakyat, kelihatan seperti pasar malam, yang selalu dipenuhi para pengunjung, terlihat begitu antusias warga untuk menyaksikan PKB ini sehigang ajang tahunan ini tetap digelar di kedepan hari, dengan konsep yang lebih inovatif dan kreatif sehingga tidak membuat jenuh.

Stand PameranPasar senggol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>