Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jun 29

Pura Bukit Mentik

Pura Bukit Mentik lokasinya berdekatan dengan Danau Batur, di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Terdapat lava beku di sekeliling pura, bekas material dari letusan Gunung Batur. Lokasi pura sangat asri dan indah, sehingga menciptakan kenyamanan dan kedamaian, cocok untuk wisata spiritual. Pura di Bagi menjadi tiga palebahan yang disebut juga Tri Manda, seperti jeroan, jaba tengah dan jaba sisi. Pura Bukit MentikDi bagian utama mandala yaitu Jeroan terdapat meru tumpang 5 yang diapit oleh meru tumpang 3. Meru tumpang 5 ini sebagai tempat pemujaan Dewi Danuh (dewi kesuburan) atau di sini beliau disebut Ida Ratu Ayu Sembah Suhun, di mana air sebagai pelindung dan pemelihara semua makhluk hidup dan harus ada didalam hidup dan setiap kehidupan, harus dijaga dengan baik. Sedangkan dua meru pengapitnya sebagai tempat penyungsungan Ida Ratu Maduwe Gumi dan Gama, bahwa Tuhan yang punya bumi ini, kita sebagai manusia wajib memelihara dan mengembangkannya.

Upacara piodalan di Pura Bukit Mentik setiap Sasih Kapat sekitar bulan Oktober, pada saat musim tumbuh-tumbuhan mulai tumbuh (mentik). Ada beberapa cerita yang melegenda seputaran Pura Bukit Mentik. Konon pura memiliki berbagai tuah, kalau kita berjodoh alhasil keinginan kita akan tercapapai seperti; tuah pengobatan, jika sudah merasa putus asa mengobati penyakit yang diderita, cobalah mohon kesembuhan di pura ini, dengan tuntunan abdi/ pemangu pura. Tuah kepemimpinan, di pura ini diyakini juga cocok untuk memohon tuah kepemimpinan, tempatnya di sebuah pelinggih bernama Taru Alit, disana berstana Ida I Ratu Ayu Panca Kerti yaitu manifestasi Tuhan dengan sebutan 5 nama, beberapa calon pembesar Negara dan Pemimpin di daerah Bali menyempatkan datang ke pura ini. Tuah kekayaan, hampir semua orang ingin kaya, maka datanglah saat piodalan saat sasih kapat dan kemudian Tuah hasil tanaman yang berbuah lebat, jika ingin seperti itu datang saat pujawali, dengan hati yang tulus doa anda mnjadi vitamin penting bagi tanaman.

Baca artikel pura di Bali lainnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>