Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Feb 07

Pura Candidasa

Pura Candidasa terletak di Banjar Samuh, desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, lokasinya di pinggir jalan raya yang menghubungkan dua Kabupaten yaitu Klungkung dan Karangasem. kalau dari Denpasar sekitar 45 km sebelah kiri jalan, karena letaknya di sebuah ketinggian dan harus melalui beberapa anak tangga, sehingga sepintas dari jalan Raya tidak begitu kelihatan, hanya pintu Gapura menuju pura yang tampak.Posisi pura sangat strategis kalau dilihat dari segi pariwisata, menghadap ke samudera dan tepat bersebrangan dengan Lotus Lagoon sebuah danau buatan yang terletak di tengah-tengah objek wisata Candidasa, sebenarnya asal-muasal nama Candidasa ini yang sebelumnya bernama Teluk Kehen diambil dari nama Pura yang ada di sini.
Pura Candidasa
Dengan akses ke lokasi Pura yang cukup mudah, baik itu untuk keperluan beribadat ataupun bagi para wisatan, membuat Pura ini selalu ramai dikunjungi, sehingga Kahyangan ini menjadi terkenal baik di dalam maupun di luar negeri. Orang mulai penasaran dengan ingin mengetahui keberadaan pura ini dengan datang langsung sembahyang, dang ingin mengetahui sejarahnya berikut status dan fungsinya. Pura Candidasa dibangun pada tahun saka 1112 (1190 M) pada jaman bertahtanya Raja Jayapangus Arkajalancana di Bali. Pura ini merupakan lambang penyatuan paham Siwa dan Bhuda di bali, sehingga di dalam pura bisa kita temukan 2 pelinggih, yang satu merupakan pemujaan Siwa dalam bentuk wujud Lingga Yoni dan yang satunya lagi sebagai pemujaan Buddha dalam wujud Hariti, sebuah patung yang menggendong 10 anak, tidak jarang pasangan suami istri yang yang tidak mempunyai keterunan memohon keturunan di sini.
Lotus Lagoon-danau buatan di Candidasa
Pura ini merupakan penyungsungan umum sebagai tempat suci untuk memuliakan dan memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Usia Pura dalam sejarahnya sudah cukup tua, sudah tentu Pura mengalami beberapa kali perubahan, seperti karena faktor alam dan umur, namun secara prinsip serta nilai spiritual, status dan funsinya tetap sama. Piodalan atau pujawali di Pura Candidasa setiap enam bulan sekali, ada juga ritual memohon hujan yang dinamakan Upacara Ngripig. Upacara di sini bertepatan Setiap anggar kasih, pada saat musim menanam padi di sawah. Jika anda seorang wisatawan dan memulai perjalanan tour saat mengisi liburan, dari Denpasar/ Bandara, baik itu dengan sewa mobil sendiri atau ikut travel, tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi menuju jalur Pura candidasa seperti; Bali taman safari and marine Park, Goa Lawah, Kusamba, Pantai Blue Lagoon di Padang Bai, Labuhan amuk dan rekreasi kapal selam odyssey Submarie, Pantai Balina, desa Bali Aga Tenganan baru kemudian Candidasa. Setelah candidasa ada tempat wisata Pantai Pasir putih Prasi (Virgin Beach), Taman soekasada Ujung, Tirtagangga, Amed dan Tulamben.
Untuk pengetahui informasi tentang Pura lainnya yang ada di Bali kunjungi; Pura di Bali.

CARI HOTEL MURAH DI BALI – INDONESIA

Masukkan kota tujuan dan dapatkan penawaran-penawaran menarik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>