Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 20

Pura Kehen

Bali memang memiliki ribuan pura, seperti Pura Kehen yang unik, pintu masuk pura menggunakan Candi Kurung tidak seperti pura kahyangan jagat yang lain yang menggunakan candi bentar, hal unik lainnya Bale Kulkul ditempatkan di atas pohon beringin yang sudah berusia ratusan tahun, menurut cerita warga jika ada salah satu ranting beringin yang patah akan terjadi musibah, sehingga pohon ini sangat dikeramatkan. Pura berlokasi di Desa Cempaga Bangli, di kawasan strategis dengan suasana yang segar dan sejuk, maka dari itu selain Kintamani, Pura Kehen juga menjadi salah satu objek wisata andalan kabupaten Bangli. Terletak sekitar 2 km dari kota Bangli, 50 km atau sekitar 75 menit dengan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai.

Pura Kehen di Cempaga, Bangli

Upacara piodalan di Pure Kehen setiap hari Raya Pagerwesi. Upacara dengan skala besar dirayakan setiap 3 tahun sekali pada saat upacara Ngusaba Dewa. Dan setiap tahunya di hari Pagerwesi melakukan kegiatan mepeed, ribuan warga dari belasan banjar pengempon Pura memadati pura untuk mengikuti ritual ataupun prosesi mepeed ini, dimulai dengan berjalan kaki secara beriringan dari banjar masing-masing, yang perempuan berderet sampai ratusan meter dengan mengusung sesajen di atas kepala diiringi oleh musik tradisional beleganjur oleh kaum pria. Suatu prosesi yang sangat unik dan indah dipandang mata.

Pura Kehen di Bangli, Bali

Pura Kehen merupakan pura kuno dan bersejarah, dibangun pada 8 tingkatan di lereng selatan bukit, sehingga memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah. Setiap tiga tingkatan utama dihubungkan pada satu diatasnya oleh tangga. Yaitu Jabaan, Jaba Tengah, dan Jeroan. Pura Kehen yang menyimpan 3 nekara perunggu, berasal dari kata Kehen atau dari istilah “keren” yang berarti tempat api yang berhubungan dengan prasasti pertama yang menyebutkan kata-kata Hyang Api, Hyang Karinama, Hyang Tanda serta nama-nama biksu. Walaupun sudah ditemukan 3 prasasti tentang pura Kehen, tapi sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan pura ini dibangun. Karena memiliki keindahan, menyimpan misteri dan prosesi ritual mepeed yang rutin dirayakan setiap tahunnya, pura ini banyak dikunjungi terutama oleh wisatawan asing, sehingga sampai sekarang dijadikan tempat tujuan wisata.

Kunjungi Pura-pura di Bali jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>