Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Dec 28

Pura Sakenan

Pura Sakenan terletak di Pulau Kecil yang bernama Serangan, yang bisa diakses melalui jalur darat, dan merupakan wilayah teritorial Denpasar Selatan. Pura Kahyangan ini dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakertha pada abad ke-10, bersamaan dengan dibangunnya beberapa pura lainnya, pada jaman pemerintahan Raja Sri suami istri Masula-masuli di Pejeng mulai memerintah tahun Icaka 1100 (1178 M) selama 77 tahun, mengenai asal-usul pembangunan Pura Sakenan ini tertera jelas di lontar Usana Bali. Mpu Kuturan ke Bali sebelum Majapahit runtuh, membawa konsep pemembangun pura-pura yang ke Bali, selain pura Sakenan juga Pura Besakih, Pura Uluwatu, Batukaru, Tampurhyang, Tulukbiyu dan beberapa pura lainnya.

Pura Sakenan di Pulau Serangan

Pura Sakenan diperuntukkan untuk memohon agar lahan pertanian baik itu ladang maupun sawah agar dibebaskan dari serangan hama, dan juga untuk memohon kesejahteraan kepada Tuhan Yanga Maha Esa, seiring dengan perkembangan pariwisata maka lahan pertanian semakin terkikis, dan di Pura Sakenan sebagai tempat pemujaan untuk memohon kesejahteraan dan keselamatan warga di kawasan tersebut. Di Pura Sakenan berstana Hyang Sandhijaya (tatmajuja) atau juga Samudra Kertih, beliau sebagai penjaga Segara atau lautan untuk ketenangan, keselamatan dunia dan menghilangkan berbagai rintangan.

Pura Sakenan terdiri dari beberpa pelinggih dan bangunan, yang terbagi menjadi dua bagian yaitu, Pura Dalem Sakenan dan Pura Pesamuan Agung Sakenan. Pura dibagi menjadi 3 bagian halaman, yaitu: utama, madya dan nista mandala semua dikelilingi oleh tembok penyengker lengkap dengan candi bentar. Pujawali atau odalan di Pura Sakenan bertepatan dengan hari Raya Kuningan. Letak pura Sakena sangat mudah dijangkau melalui akses darat, dimana sebelum reklamasi hanya bisa lewat jalur laut, semenjak reklamasi itu pulau Serangan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi para pelancong yang kebetulan berlibur di Bali.

Kalau kita menelusuri lebih ke dalam dan lebih jauh bagian pulau Serangan ini terdapatbeberapa pura yang terletak di pinggir pantai yang sunyi dan memang jauh dari keramaian, yang memancarkan aura ke sakralannya. Dan di bagian lain pantainya digunakan sebagai rekreasi watersport seperti yang ada di Tanjung Benoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>