Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jun 21

Pura Segara Rupek

Bali yang selain memiliki banyak objek wisata yang indah seperti dengan pantainya, wisata alam pegunungannya juga sebagai Pulau seribu pura. Salah satunya Pura Segara Rupek, terletak di ujung Barat pulau, tepatnya di desa Sumber klampok, Kecamatan Grokgak, Buleleng. Jika anda ke lokasi lewat darat, dengan kendaraan bermotor atau mobil,  satu-satunya jalan yang bisa ditempuh dengan melewati jalan menuju ke Pura Prapat Agung kemudian dilanjutkan lagi menempuh perjalanan darat sekitar 5 km menelusuri hutan lindung Taman Nasional Bali Barat (TNBB), jika perjalanan spiritual ini dinikmati, akan terasa sangat mengesankan karena melewati kawasan hutan yang hijau. Sebenarnya dari kawasan pura inilah jarak yang terdekat dengan pulau Jawa, dari sini tampak begitu jelas kawasan Timur pula Jawa yaitu Batu Dodol di Kabupaten Banyuwangi, kelihatan agak jelas kegiatan yang di Banyuwangi seperti mobil yang lalu-lalang.

Secara historis menurut sumber-sumber susastra-babad, kisah pemisahan Bali dengan Jawa dimulai, sehingga masing-masing menjadi satu pulau yang utuh dan unik. Keberadaan pura Segara Rupek tidak lepas dari perjalanan spiritual Dang Hyang Siddhi Mantra di Bali, pada akhir yoganya beliau dititahkan untuk menggoreskan tongkat beliau tiga kali ke tanah, tepat di daerah paling sempit antara Pulau Jawa dan Bali. Dengan kesaktiannya beliau menggoreskan tongkatnya di daerah ceking geting, dan akibat goresan itu air laut pun terguncang dan daratan Bali pun terpisah dari tanah Jawa yang semula jadi satu. Lautan itu sekarang dinamakan Selat Bali. Dengan begitu, Segara Rupek bisa disebut sebagai titik atau tempat suci untuk memandang jauh ke seberang, baik seberang secara sekala maupun seberang dalam pandangan niskala.

Pura Segara Rupek adalah tempat pemujaan agama Hindhu, sebagai stana Ida Bhatara Hyang Siwa Baruna Geni. Piodalan ataupun pujawali di Pura Segara Rupek, yaitu pada purnama jesta. Pura Segara Rupek sebagai tonggak atas suratan sejarah, dan merupakan tonggak penting sejarah pulau dewata, maka dipandang perlu mendapat perhatian dari tokoh masyarakat Bali, pimpinan daerah Bali dan tentunya oleh masyarakat luas pemeluk agama Hindu.

Untuk pengetahui informasi tentang Pura lainnya yang ada kunjungi; Pura di Bali.

CARI HOTEL MURAH DI BALI – INDONESIA

Masukkan kota tujuan dan dapatkan penawaran-penawaran menarik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>