Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Aug 03

Sad Kahyangan Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru termasuk salah satu Pura Sad Kahyangan di Bali, terletak di desa Wongaya Gede, kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan. Sudah merupakan suatu ciri, tempat suci agama hindhu terletak ditempat-tempat di areal pegunungan ataupun pantai yang jauh dari keramaian, begitu juga keberadaan Pura Luhur batukaru terletak di lereng sebelah Selatan Gunung Baatukaru, terletak di ketinggian 700 meter dari permukaan laut, menjadikan tempat ini memiliki panorama yang asri dan indah, dipenuhi suasana alam yang sejuk, dan hijau, sehingga memunculkan ketenangan dan kesakralan. Sehingga bagus juga dijadikan tempat wisata untuk dikunjungi selama liburan di Bali. Penggagas dari konsep Sad Kahyangan adalah Mpu Kuturan, keberadaanya sudah ada pada abad ke-11 Masehi, satu jaman dengan Pura Besakih, Pura Luhur Uluwatu, Pura Goa Lawah, dan Pura Pusering Jagat, Pura Lempuyang Luhur.

Pura-Luhur-Batukaru-Tabanan

Kalau dari Denpasar posisinya 42 kilometer sebelah Barat Laut, sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor, dan sekitar 22 kilometer dari Kota Tabanan. Pura luhur dan suci ini dibamgun di kaki gunung Batukaru yang merupakan puncak gunung kedua tertinggi di Bali, ketinggiannya mencapai 2.278 meter di atas permkaan laut,setingkat di bawah Gunung Agung yang mempunyai ketinggian 3.142 meter dpl.Selain sebagai Sad kahyangan juga merupakan salah satu Pura Catur Loka Pala, yaitu pura yang terletak di 4 penjuru matan angin di Bali, pura pura tersebut antara lain; Pura Lempuyang Luhur di Timur, Pura Puncak mangu di Utara, Pura Luhur Batukaru di barat dan Andakasa di Selatan. JIka mau bersembahyang ke Pura Luhur Batukaru anda akan bertemu dengan Pura Jero Taksu, disarankan anda untuk bersembahyang di Pura ini terlebih dahulu, memohon agar persembahyangan di Pura Luhur Batukaru berjalan lancar dan sukses.

Pura Luhur Batukaru di Tabanan Bali

Di Pura Luhur batukaru di Puja Tuhan dengan manifestasi sebagai Hyang Tumuwuh, yaitu Tuhan sebagai penguasa Tri Candra yaitu: udara, air dan tumbuh-tumbuhan sehingga memotivasi manusia untuk melestarikan dsn melindungi kelangsungan hidup semua makhluk hidup di alam ini. Selain itu di Pura ini di pujaleluhur dari Raja-raja tabanan dan Badung. Pura di perbaiki pada tahun 1959 dan 1977, dimana pada jaman ki Gusti Panju Sakti salah satu Raja Buleleng, dengan pasukannya yang melakukan ekspansi ke Tabanan sempat merusak pura ini, tapi tiba-tiba sekawanan lenah menyerang, sehingga menggagalkan niat tersebut.

Jika anda kebetulan hobby dengan perjalanan/ wisata rohani, anda bisa berkunjung ke Pura Batukaru, suasana tenang membuat hati dan pikiran damai

Untuk pengetahui informasi tentang Pura lainnya yang ada di Bali kunjungi; Pura di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>