Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 18

Sejarah Hindu di Indonesia

Agama Hindu merupakan agama tertua di Indonesia bahkan di dunia muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM, penganut Hindu terbesar di adalah di India dan pada masa sekarang di Indonesia mayoritas pemeluk hindu adalah di Bali, kemudian disusul agama Budha saat kerajaan Sriwijaya. Sejarah awal masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia pada abad ke-4 masehi, bukti sejarahnya adalah berupa Yupa yang berupa huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta yag di temukan di daerah Kutai, Kalimantan Timur. Agama Hindu ini pernah tersebar luas di wilayah Asia Tenggara tepatnya saat kejayaan kerajaan Majapahit, dan pada saat mengalami keruntuhan mulailah masuknya ajaran Islam dan Kristen.

Objek wisata Candi DiengMasuknya agama Hindu ke Indonesia berasal dari India dan berlangsung secara damai melalui hubungan dagang, tapi berbagai teori muncul dalam proses masuknya agama Hindu ke Indonesia oleh berbagai sarjana India dan Belanda, seperti;

  • Teori Mokerjee menyatakan masuknya pengaruh Hindu ke Indonesia melalui hubungan dagang yang dibawa oleh golongan pedagang atau Vaisya (Weisya), teori ini disebut teori Vaisya.
  • Teori Prof. Moens, masuknya agama Hindu karena dibawa oleh kaum prajurit India (Ksatria) yang mengalami kekacauan politik di India disebut juga teori ksatria.
  • Teori Bosch, dibawa oleh kaum Brahmana dari India, karena merekalah yang mengetahui isi weda dan memiliki hak untuk membaca kitab suci, di India kaum brahmanalah yang memahami ajaran agama hindu secara utuh, sehingga dikenal juga dengan teori Brahmana.

Semenjak pengaruh-pengaruh tersebut masuk dalam kehidupan masyarakat, sampai sekarang muncul istilah catur warna yaitu; warna brahmana, ksatria, weisya dan sudra.

Yupa di KutaiAda berbagai peninggalan sejarah yang menyebutkan bahwa penyebaran agama Hindu dari India ke Indonesia ole Rsi Agastya, ini ditemukan dalam lontar-lontar kuno, beliau datang ke Bali melalui sungai Yamuna dan Gangga, nama beliau begitu harum sehingga di sucikan dalam prasasti-prasasti seperti; prasasti Dinoyo di jawa Timur bertahun Caka 628, saat kejayaan majapahit dan Prasasti Porong di Jawa Tengah. Berbagai bangunan sejarah bisa kita temukan pada masa kejayaan Hindu di Bumi Nusantara seperti Komplek candi Dieng di Jawa Tengah yang dijadikan tujuan wisata, Arca Airlangga yang tersimpan di Museum Trowulan, Jawa Timur, Candi Kidal, Candi Penataran, Sawentar, Tikus dan banyak lagi yang lainnya karena di Jawa menjadi pusat kerajaan Hindu yang pernah jaya yaitu Majapahit.

Sedangkan di Bali, peninggalan sejarah kuna dari jaman kerajaan Hindu adalah Candi Gunung Kawi, yang keberadaanya di sebuah tebing dan dijadikan objek wisata menarik oleh wisatawan yang melakukan perjalanan tour di Bali.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>