Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 17

Tari Baris Tunggal

Tarian yang ada di Bali ada bermacam-macam, ada yang bersifat hiburan ada juga untuk upacara yadnya yang sering disebut tari sakral, seperti tari Baris Tunggal. Tari Baris ini merupakan juga tari kepahlawanan, mempertunjukkan jiwa keprajuritan dan juga dalam memainkan senjata dalam perang, sebuah tarian kedewasaan jasmani, gerakan-gerakan tarian menununjukkan kewibawaan seorang prajurit dalam setiap langkahnya yang tegap dan berwibawa. Kematangan jiwa tercermin dari gerak langkah yang dinamis dan tatapan mata yang dalam dan karakter yang kuat.

Tari Baris TunggalPakaian yang digunakan dengan hiasan kepala yang berbentuk kerucut, serta hiasan lamak, kostum pakaian didominasi warna merah dan putih yang artinya berani dan suci, sangat serasi dengan karakter tarian tersebut ditarikan oleh seorang laki-laki dengan tegas dan enerjik dan penuh wibawa. Pada pementasaan dalam rentetan upacara ngaben, yaitu saat memukur, pementasan tari Baris Tunggal sakral ini berfungsi sebagai punia atau persembahan kepada leluhur dan diantarkan oleh mantram-mantram suci sang Sulinggih/ pandita. Tapi beda dengan Tari Baris Profan yang biasa dipentaskan sebagai tari balih-balihan, sehingga wisatawan yang sedang berlibur dan wisata di Bali juga nisa menyaksikan tari Baris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>