Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 11

Tari Gopala

Tari Gopala adalah tarian kerakyatan yang bersifat menghibur, tarian ini biasanya di tarikan berpasangan oleh kelompok remaja putera. Kata Gopala sekilas seperti berasal dari India, atau dalam bahasa kawi yang berarti penggembala dalam hal ini penggembala sapi, tarian ini menggambarkan tingkah polah penggembala sapi di sebuah ladang penggembalaan sapi, tarian ini ditarikan dengan nuansa jenaka, sehingga memaksimalkan citra yang menghibur.

Tari GopalaTari Gopala ini digarap pada tahun 1983 oleh I Nyoman Suarsa sebagai penata tari, dan diiringi oleh penata tabuh I Ketut Gede Asnawa. Banyak gerakan-gerakan yang bisa kita saksikan seperti saat memotong rumput, menghalau burung, membajak sawa, gerakan-gerakan binatang yang dipadu dengan gerak yang humoris. Untuk sanggar tari anak-anak laki biasanya akan mendapat pelatihan ini.

Tarian GopalaDi kawasan Denpasar banyak terdapat sanggar-sanggar tari yang mengajarkan pola-pola menari dari tingkat dasar sampai mahir, bahkan ada wisatawan yang kebetulan wisata dan jalan-jalan keliling pulau dewata, menyaksikan gerakan seni dan unik ini merasa tertarik dan ikut mempelajarinya. Kita cukup merasa bangga, kebudayaan dan seni kita dicintai dan masih diminati oleh orang asing.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>