Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Sep 19

Tari Janger

Tari Janger adalah tarian tradisional khas Bali yang sudah populer ratusam tahun yang lalu, perjalanan tarian ini punya historis yang beragam baik itu yang ada di  Tabanan, Buleleng, Tabanan, Bangli maupun yang ada di desa Kedaton Denpasar. Ada pementasan dengan tokoh dari Belanda, penari yang kesurupan, dan juga dengan iringan gon kebayar. Tapi tarian jenis ini yang kita kenal sekarang, adalah tarian khas muda-mudi yang ditarikan berpasang-pasangan, jadi lebih identik dengan tari pergaulan muda-mudi.

JangerDitarikan oleh pria dan wanita diiringi dengan paduan suara yang bergantian dan seolah bersahutan, gerakan-gerakan taripun sangat sederhana yang merupakan dasar untuk tarian Bali yang lebih komplek, musik yang mengiringinya tetamburan dan gender, temanya lebih berkisar tentang muda-mudi yang sednag jatuh cinta dan juga pesan-pesan sosial, bahkan juga digunakan untuk janger-janger politik atau jargon-jargon masa tertentu. Dalam peradaban sekarang janger cenderung ditinggalakan, walaupun kadang-kadang sekolah mementaskan tarian ini dalam acara-acara tertentu dan juga dalam acara PKB di setiap tahunnya, namun perkembangannya belum signifikan.

Tari JangerBegitu banyak warisan budaya yang adiluhung yang pantas kita lestarikan, dan dalam masa transisi, hasil karya seni ini nyaris punah, lain halnya yang menjadi komoditi wisata, seperti tari kecak dan Barong, terus berkembang dan innovatif.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>