Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Oct 15

Tari Tenun

Tari Tenun sebuah tari tradisional, yang menjadi sebuah hiburan tradisional yang masih berkembang sampai sekarang, dari asal katanya “Tenun” kita sudah bisa tahu bahwa artinya adalah membuat sulaman, sarung, selembar kain, seperti batik, endek ataupun songket dengan cara tenun tradisional memintal yang menjadi kerajinan rumahan masyarakat Bali,  dengan gerakan kas seorang penenun, yang masih bisa kita jumpai di beberapa tempat di tanah dewata ini, seperti di daerah Sidemen Karangasem dan Klungkung. Nah dari sananya kreasi seni penciptanya muncul, yang tercipta di tahun 1957 oleh I Nyoman Ridet dan I Wayan Likes, sehingga menghasilkan seni gerak yang selaras dan dinamis yang mencirikan kegiata-kegiatan tenun tersebut.

Tari NelayanTari ini ditarikan oleh tiga orang atau lebih, dipentaskan berkelompok, menekankan juga sebuah kekompakkan gerak sehingga keindahannya semakin terlihat. Gambaran yang terlihat jelas dalam setiap geraknya yang di tarikan oleh wanita yang sedang menenun, mulai dari memintal, memasukkan benang, mengatur benang dan kelincahan gerak gerak tangan lainnya. Banyaknya tarian yang berkembang di Bali, memnandakan masyarakatnya menaruh apreasi yang sangat tinggi terhadap warisan budaya. Dalam beberapa perayaan, beberapa jenis tarian juga dilombakan sehingga memotivasi mereka, terutama dunia anak-anak yang lebih cenderung terpengaruh oleh peradaban.

Tari Nelayan di BaliTerpeliharanya tari Tenun ini menjadi contoh pelestarian budaya, karena budaya seni yang berkembang dengan baik, cukup menyumbang ketertarikan para pelancong untuk wisata di Bali, karena ada hal-hal berbeda dan unik yang ditonjolkan jarang bisa ditemui di tempat lainnya. Beberapa jenis tarian seperti kecak, tari Barong dan legong, menjadi agenda rutin travel agent untuk memasukkan dalam program tournya, selain untuk penambahan devisa juga untuk mengenalkan budaya bangsa ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>