Rafting Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jul 13

Tari Trunajaya

Tari Trunajaya termasuk tarian tunggal yang dipentaskan oleh satu orang penari. Gerakan-gerakan tangan dan tubuh yang ditampilkan gerakan yang bersemangat dan keras, layaknya karakter seorang Teruna (Pemuda) yang beranjak dewasa, penuh emosional dan tingkah lakunya yang ingin menarik hati seorang wanita. Tarian ini berasal dari Buleleng wilayah Bali Utara, digagas oleh Pak Wandres dan disempurnakan oleh I Gede Manik.

Tari Trunajaya

Gerakan-gerakan tarian cukup komplek, perlu pemahaman dasar-dasar seni tari, tarian yang lincah dan energik dan agak keras ini biasanya ditarikan oleh seorang wanita. Kreasi tarian ini diciptakan untuk sebuah tari hiburan yang bisa dinikmati saat-saat perayaan tertentu. Bali memang kaya dengan beraneka ragam seni tari, baik itu tarian yang bersifat sakaral, yang dinamakan tari wali, bebali dan balih-balihan (hiburan) termasuk tarian Trunajaya ini. Harapan kita semua tentu menjaga warisan budaya ini dijaga dan dilestarikan dengan baik, agar tidak dimanfaatkan oleh bangsa lain.

Tarian Trunajaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>