Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Jan 19

Tempat Wisata Sejarah di Bali

Sejarah Bali, berawal dari jaman pra-sejarah yang mana masyarakat setempat yang belum mengenal tulisan, tapi bukti-bukti adanya tentang kehidupan pada jaman tersebut dapat menuturkan kembali tentang sejarah dan keberadaan mereka, dan akhirnya berlanjut ke jaman kerajaan, kolonial, kemerdekaan sampai akhirnya jaman reformasi. Setiap jaman meninggalkan kenangan/ sejarah, hingga bayak orang yang ingin tahu kisah dan keberadaanya, peninggalan sejarah yang ada menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik itu untuk edukasi ataupun hanya sekedar ingin mengisi waktu liburan saat tour, melihat pemandagan yang asri dengan latar belakang sejarah.
Bajra Sandi
Ada beberapa tempat-tempat sejarah yang sering di kunjungi oleh wisatawan:
  1. Istana tampaksiring: Istana ini terletak di Desa Tampaksiring Gianyar yang didirikan atas gagasan Presiden Sioekarno pada tahun 1957, yang mendambakan tempat peristirahatan yang sejuk dan tenang di Bali, dibangun di atas lahan dengan luas 19 hektar.
  2. Gunung Kawi: Terletak di kecamatan Tampaksiring, Gianyar, dikenal dengan pahatan candi yang terletak di tebing karang, yang merupakan peninggalan sejarah abad ke-11, terdapat pemakaman keluarga raja. Bangunan yang ada berfungsi untuk memuliakan roh Raja Udayana dan keluarganya yang berkuasa waktu itu.
  3. Kertagosa: Bangunan peninggalan sejarah yang terletak di tengah-tengah Ibu Kota Kelungkung, sebagai tempat diskusi mengadakan rapat kerajaan untuk mendiskusikan kesejahteraan masyarakat kelungkung, namun setelah ditaklukkan oleh Belanda, tempat ini sebagai tempat sidang perkara adat maupun kerajaan.
  4. Patung Catur Muka: Didirikan di tahun 1973 di tengah-tengah Kota Denpasar, Oleh seniman lokal Bali yang terkenal I Gusti Nyoman Lempad dari Desa Ubud. Patung Catur Muka ini terbuat dari batu granit besar setinggi 9 meter, dan menjadi pusat aktifitas masyarakat Denpasar yang merupakan Ibu Kota Bali.
  5. Monumen Bajra Sandhi: Terletak di Niti mandala Renon Denpasar, dibangun pada tahun 1987 sejak Prof. DR. Ida Bagus Mantra menjabat sebagai Gubernur Bali tujuannya untuk mengenang kerja keras dan perjuangan heroik dari rakyat Bali sebelum dan sesudah kemerdekaan, sehingga dikenal juga dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan.
  6. Tirtagangga: terkenal dengan namama Taman Tirtagangga dibangun di atas lahan 1,2 hektar di Kecamatan Ababi, Kab. karangasem pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman air ini dikonstruksi dalam arsitektur yang sangat unik dengan gaya Bali dan Cina, terdapat kolam ikan dan kolam permandian yang luas dengan sumber mata air yan jernih.
  7. Taman Soekasada:Terletak di Desa Ujung, Karangasem, dibagun pada masa Kerajaan I Gusti bagus Jelantik tahun 1909-1945, digunakan sebagai tempat peristirahatan raja dan menjamu tamu-tamu penting kerajaan. Bentuk bangunan merupakan hasil akulturasi budaya Bali, China dan Eropa.
  8. Puri Agung Pemecutan: Bangunan peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh, dibangun pada tahun 1686. Jika wisatawan mau melihat dan menikmati arsitektur kuno yang indah silahkan datang kesini, letaknya di Denpasar.

 

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>