Rafting di Bali Rp 270.000 | Odyssey Submarine Rp 550.000 | Fast boat ke Gili Rp 400.000 : BOOK 081916533222

«

»

Apr 27

Upacara Melasti

Upacara Melasti di lakukan oleh umat Hindu sebelum perayaan Hari Raya Nyepi, seperti yang dilakukan oleh seluruh umat Hindu yang ada di Bali, tempat tujuan daripada Melasti ini adalah di tepi pantai atau yang lokasinya jauh dari pantai tempatnya di sumber mata air yang dianggap suci. Prosesi ini dimulai dengan menghias bale panjang tempat pratima, kemudian benda-benda sakral milik pura seperti Pralingga/ Pratima yang merupakan lambang wahana Ida Bhatara diusung dan diarak  keliling desa seperti menuju laut, danau, sungai atau mata air suci lainnya, tujuannya kesucian dan kesakralan Pratima ini dapat menyucikan desa.

Prosesi melasti ke pantaiMenurut ajaran Hindu, melasti adalah hal yang begitu penting sebelum memasuki tahun Baru Isaka, tujuan dari pada upacara Melasti atau sering disebut melis atau mekiyis untuk menghanyutkan kotoran yang ada di bumi (nganyudang malaning bumi) dan mengambil tirta kehidupan dan membersihkan lahir dan batin manusia, karena laut adalah simbol Tirtha Amertha (Dewa Ruci tempat Pemuteran Mandaragiri). Kemudian semua umat yang ikut prosesi ini melalakukan persembahyangan menghadap ke laut, setelah kotoran dihanyutkan diharapkan agar semua suci kembali dan agar mendapat berkah dan anugrah dari Maha Pencipta, semua pratima diusunug kembali dan berada di Bale Agung.

Upacara melasti di BaliProsesi ini menjadi hal yang menarik, apalagi bagi wisatawan yang sedang liburan di Bali, karena tempat tujuan melasti adalah pantai yang nota bene adalah objek wisata yang paling diminati wisatawan, pantai tersebut seperti di Padanggalak Sanur, Kuta, Petitenget, Batubolong, Amed dan diberbagai tempat lainnya di Bali. Setelah upacara ini selesai, masih dalam rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi, dilaksanakan upacara tawur atau mecaru di mana masing-masing wilayah ada tingkatannya seperti di Ibu Kota Provinsi dilakukan upacara tawur, kabupaten panca kelud, kecamatan panca sanak, di desa panca sata dan di tingkat banjar upacara ekasata.

Baca artikel lainnya menegenai hari raya Hindu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>